Elementary Education Research
Vol 4, No 3 (2019): AGUSTUS 2019

PERBEDAAN KREATIVITAS SISWA LAKI-LAKI DENGAN SISWA PEREMPUAN DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI KELAS IV SD NEGERI 3 SAMADUA ACEH SELATAN

Amalia, Richa (Unknown)
Ely, Rosma (Unknown)
Monawati, Monawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2020

Abstract

Dalam mata pelajaran SBdP kegiatan menggambar di lakukan di sekolah termasuk kedalam cabang seni rupa. Penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan kreativitas siswa laki-laki dengan perempuan dalam mata pelajaran SBdP di kelas IV SD Negeri 3 Samadua Aceh Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini murni dari hasil karya menggambar siswa di sekolah tersebut. Perbedaan kreativitas ini akan dilihat dari nilai yang didapat oleh setiap anak laki-laki dan anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik observasi dilakukan peneliti dengan cara melihat langsung ketika siswa melakukan kegiatan menggambar, peneliti juga melakukan wawancara kepada 3 siswa pria dan 3 siswa wanita yang mendapat nilai tertinggi, peneliti melakukan dokumentasi hasil karya menggambar siswa laki-laki dan siswa perempuan. Berdasarkan hasil analisis data dikemukakan bahwa nilai diperoleh siswa perempuan yaitu 78,8 dan laki-laki 78,7 dan termasuk kedalam predikat baik. jika dilihat dari nilai yang tertinggi 95 didapatkan oleh siswa laki dan wanita 90, jadi dalam perbedaan kreativitas siswa laki-laki juga mempunyai kreativitas yang sama dengan siswa perempuan dalam hal menggambar dan mewarnai. Simpulan dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan kreativitas antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam hal menggambar dan mewarnai, hanya saja laki-laki kurang tekun dan bersungguh-sungguh dalam melakukan suatu kegiatan kreativitas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...