Elementary Education Research
Vol 3, No 1 (2018): FEBRUARI 2018

PERILAKU BULLYING TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 50 BANDA ACEH

Hasibuan, Sofia Ismarilda (Unknown)
Hajidin., Hajidin (Unknown)
Ely, Rosma (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2018

Abstract

Adanya perilaku bullying merupakan salah satu perilaku yang tidak bisa diterima dalam kehidupan sosial. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana kemunculan bentuk-benuk perilaku bullying dan bagaimana tindakan korban bullying terhadap perilaku bullying bagi peserta didik kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh.Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun subjeknya adalah siswa kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh sebanyak 28 siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket, yang kemudian Data dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka ditarik kesimpulan bahwa di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh terdapat adanya perilaku bullying yang muncul, yaitu dalam bentuk verbal dan fisik. Perilaku bullying dalam bentuk verbal, yaitu sering diejek oleh teman sekelas, mengolok-olok, memanggil dengan sebutan bodoh, dan menjuluki dengan nama jelek. Kemudian bullying yang muncul juga dalam bentuk fisik, yaitu berupa pukulan. Data juga menunjukkan adanya tindakan korban bullying terhadap perilaku bullying. Siswa akan mengancam teman yang mengganggu dan membalas ejekan teman dengan ejekan yang setimpal.Dari kesimpulan menunjukkan bentuk-bentuk bullying yang sering muncul di kelas V adalah verbal bullying kemudian bullying fisik. Dari data juga ada tindakan korban bullying terhadap perilaku bullying. Agar siswa terhindar dari perilaku bulyying hendaknya melatih self esteem (harga diri) yang baik dan lebih peduli terhadap sesama dan melaporkan perilaku bullying kepada guru, dan mengajarkan serta menerapkan pendidikan karakter.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...