Jurnal Pendidikan Bahasa Arab L-Dhad
Vol. 3 No. 02 (2024): Jurnal L-Dhad

MODERASI BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN: STUDI LITERATUR

Al Muhibbin, Fateh (Unknown)
Rumadani Sagala (Unknown)
Guntur Kasuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep moderasi beragama dalam perspektif Al-Qur'an melalui studi literatur. Meskipun moderasi beragama menjadi tema yang sering dibahas dalam konteks sosial dan politik, pemahaman yang mendalam tentang moderasi beragama dari perspektif Al-Qur'an masih jarang dikaji secara komprehensif. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba untuk mengidentifikasi dan menggali konsep moderasi beragama yang terdapat dalam teks-teks Al-Qur'an, dengan tujuan untuk memberikan wawasan yang lebih luas terkait prinsip-prinsip keseimbangan dalam beragama yang diajarkan oleh kitab suci tersebut. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif, menganalisis ayat-ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan moderasi dalam beragama, seperti ayat yang mengedepankan toleransi, keseimbangan (wasathiyyah), dan harmoni antara kehidupan dunia dan akhirat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Qur'an mengajarkan prinsip moderasi yang menekankan pada jalan tengah (wasathiyyah) dalam segala aspek kehidupan, baik dalam hubungan antara sesama umat manusia maupun dalam hubungan dengan Tuhan. Moderasi beragama dalam Al-Qur'an bukan hanya mengenai penghindaran ekstremisme, tetapi juga tentang menjaga keseimbangan dan keharmonisan dalam menjalani kehidupan spiritual dan sosial. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman moderasi beragama dalam konteks agama Islam, serta dapat menjadi referensi dalam upaya mempromosikan toleransi dan kedamaian dalam masyarakat multikultural.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

l-dhad

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Tujuan dan Ruang Lingkup (Aim and Scope) Jurnal L–DHAD Tujuan: Jurnal L–DHAD bertujuan untuk menjadi wadah ilmiah dalam pengembangan dan penyebaran pengetahuan di bidang pendidikan Bahasa Arab. Jurnal ini ditujukan bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan mahasiswa yang memiliki perhatian ...