JURNAL SATYA MANDIRI MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 7 No 2 (2021): Volume 7 Nomor 2 Tahun 2021

Pengaruh Kemandirian Belajar, Tingkat Kreativitas Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik SMK Mutiara Baru Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2020/2021

Sugino (Unknown)
Siregar, Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemandirian belajar, tingkat kreativitas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik SMK Mutiara Baru Kota Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan model penelitian dasar dan jenis penelitian kausalitas untuk menganalisis pengaruh variable bebas terhadap variable terikat melalui kuesioner berskala Likert yang disebarkan dengan google form sebagai metode pengumpulan data. Data diolah menggunakan SPSS 25 dengan uji parsial untuk X1 mempunyai nilai sig. 0,000 yang menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar, X2 mempunyai nilai sig. 0,000 yang menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara tingkat kreativitas terhadap prestasi belajar, X 3 mempunyai nilai sig. 0,021 yang menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar, .Hasil Analisa koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar sebesar 0,515 yang artinya kemandirian belajar, tingkat kreativitas dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 51,5 %. Sisanya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

satyamandiri

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Satya Mandiri merupakan Jurnal Ilmiah dengan tujuan untuk mempublikasikan artikel yang memberikan kebaruan penelitian dengan isu-isu terbaru dan kajian Ilmiah lainnya yang berhubungan dengan bidang Manajemen. Ruang lingkup jurnal focus pada: Manajemen Keuangan, Human Capital, Marketing, ...