Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik
Vol 5 No 2 (2024): Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik

Penciptaan Karya Seni Pertunjukan Teater Objek Ramah Anak Sebagai Media Edukasi Oleh Komunitas Borneo Art Play Di Kota Palangka Raya

Henitha, Mishelly (Unknown)
Asi, Yuliati Eka (Unknown)
Mayangsari, Marrisa Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Teater objek dalam dunia seni pertunjukan lebih dikenal dengan istilah teater boneka. Namun, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang teater objek berdampak pada minimnya minat mereka terhadap jenis teater ini, baik sebagai penonton maupun pelaku. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi proses penciptaan pertunjukan teater objek ramah anak oleh Komunitas Borneo Art Play di Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan objek sebagai medium utama dalam teater menciptakan interaksi yang menarik dan mudah dipahami penonton terkhususnya oleh anak-anak. Selain itu, pertunjukan ini berhasil menyampaikan nilai-nilai pendidikan, seperti kearifan lokal, pelestarian alam, dan kepedulian lingkungan, dengan cara yang menyenangkan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman mengenai peran seni pertunjukan dalam pendidikan anak, serta menyoroti pentingnya pengembangan kreativitas dalam komunitas seni lokal. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penggiat seni dan pendidik dalam menciptakan program-program edukatif yang efektif dan menarik bagi anak-anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tambuleng

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Tambuleng merupakan pusaran yang ada paka kepala manusia, setiap manusia memiliki pusar dikepala, tambuleng merupakan suatu filosofis pada diri manusia bahwa pusat merupakan simbol dari kehidupan manusia, dalam berpikir dan bertingkah laku, kehadiran tambuleng merupakan suatu bagian dimensi ...