El Wahdah : Jurnal Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2020): Juni

TINJAUAN SINTAKSIS FIIL AMR PADA DIKSI PERINTAH DAN PENDIDIKAN BERHIJAB DALAM AL-QUR’AN

MUHAMMAD MUCHLIS HUDA (Unknown)
DINARWAN (Unknown)
DWI SUPRIANTO (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2020

Abstract

Hijab menjadi polemik tak berkesudahan. Perintah al-Qur’an mengenai hijab ditafsirkan dengan berbeda oleh para ulama’. Hal tersebut menjadi khilafiyah yang panjang. Sebenarnya bagaimanakah diksi dan bentuk-bentuk perintah yang ada dalam al-Qur’an terutama perintah mengenai berhijab. Artikel ini membahas mengenai konstruksi sintaksis bentuk perintah berhijab bagi wanita muslim dalam al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan analisis sintaksi fiil amar perintah hijab dalam al-Qur’an. Dengan teori fiil Nahiy tersebut peneliti mengungkapkan bahwasannya terdapat berbagai bentuk uslub perintah dalam al-Qur’an terutama mengenai berhijab. Adapun hasil penelitian ini ditemukan ada Sembilan bentuk uslub perintah atau kata kerja yang menunjukkan perintah dalam al-Qur’an. Hasil penelitian ini juga mengunkapkan bahwasannya perintah dalam al-Qur’an yang berkaitan langsung dengan berhijab ada pada empat surah. Keyword: Sintaksis, Fi’il Amr, Perintah Berhijab

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

elwahdah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian STAI Nahdhatul Ulama Madiun, terbit dua kali dalam setahun, Juni dan Desember. Jurnal El Wahdah juga merupakan media diskusi ilmiah dan menampung penelitian-penelitian yang kreatif dan inovatif untuk kemajuan di ...