UNM Journal of Technology and Vocational
Volume 9, Issue 1, February (2025)

Pengembangan Butir Soal Evaluasi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Informatika Berbasis CBT Menggunakan Ispring Quizmaker

Nugraha, Iqram (Unknown)
Mangesa, Riana Tangkin (Unknown)
Ruslan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan butir soal hasil evaluasi belajar pada mata pelajaran informatika berbasis CBT. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan dengna menggunakan pengembangan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji realibilitas dan analisis deskripsi, serta uji t-Test: paired Two Sample untuk membandingkan nilai yang diperoleh sebelum dan setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) butir soal evaluasi hasil belajar dikembangankan melalui 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; (2) respon siswa dan guru setelah menggunakan instrumen penilaian secara kesuluruhan sangat baik. Instrumen yang digunakan dinilai mampu mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dan menyajikan keberagaman dalam tingkat kesulitan dan jenis pertanyaan; (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa sebelum dan setelah intervensi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within vocational education and ...