Jurnal Pgmi Uniga
Vol 1 No 01 (2022): Jurnal PGMI UNIGA

Pengaruh Teknik Konseling Terhadap Perilaku Anak Hiperaktif dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Kelompok Bermain Mutiara Insani pada Masa Pandemi covid-19

rohimah, Elis (Unknown)
Komariah, Iis (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2022

Abstract

Konseling sekolah merupakan bagian yang integral dalam pendidikan agar seluruh kebutuhan peserta didik dapat terpenuhi dan berkembang secara maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif-deskriptif. Subjek Penelitian ini adalah peserta didik Kelompok Bermain Mutiara Insani. Hasil penelitian: setelah 6 kali konseling dalam 3 tahapan konseling berjalan, anak yang awalnya mempunyai perilaku hiperaktif (ADHD, Conduct Disorder, dan Oppositional Defiant Disorder) mengalami perubahan perilaku kearah yang baik. Dilihat dari adanya rata-rata nilai perbandingan antara pre konseling dengan nilai rata-rata sebesar 61,13% dan nilai rata-rata post konseling sebesar 65,59% dengan rentang yaitu sebesar 3,40%. Diperkuat pula dengan hasil observasi awal dan hasil observasi akhir dengan rentang perbaikan sebesar 27,11%. Sedangkan berdasarkan nilai thitung disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan pengaruh Penerapan Teknik Konseling Memperbaiki Perilaku Anak hiperaktif di Kelas Kober Mutiara Insani Kabupaten Garut diterima karena 𝑇ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑇𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, yaitu 5,17191> 1,99167. Maka hal ini membuktikan bahwa Penerapan Teknik Konseling berhasil untuk memperbaiki perilaku anak hiperaktif dalam kegiatan belajar mengajar pada peserta didik Kelompok Bermain Mutiara Insani Cilawu Garut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Jurnal PGMI UNIGA adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Prodi PGMI Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut. Jurnal PGMI UNIGA terbit dua kali dalam satu tahun yakni bulan Maret dan September, dengan nomor E-ISSN: 2828-6723 . Jurnal PGMI UNIGA mempublikasikan hasil penelitian dan ...