Issues in Mathematics Educations (IMED)
Vol. 8 No. 2 (2024): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

Efektivitas Penerapan Teori Polya dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 5 Ngembalrejo

Setiowati, Yunisa (Unknown)
Nor Halifah, Mellia (Unknown)
Ardana Riswari, Lovika (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan teori polya untuk menyelesaikan soal luas bangun datar terkait kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan soal tes. Soal tes berupa uraian berjumlah 5 soal. Soal tes dimaksudkan untuk mengukur kemampuan pemecahan matematis siswa dengan menerapkan teori Polya. Dalam analisis data teknik yang digunakan adalah one sample t test dengan tujuan untuk menentukan apakah suatu nilai tertentu berbeda secara signifikan dengan rata-rata (mean) sampel yaitu hasil tes siswa. Nilai standar yang diberikan adalah nilai KKTP yaitu 75. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal luas bangun datar dengan menerapkan teori Polya sama dengan nilai KKTP 75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan teori Polya dalam menyelesaikan soal luas bangun datar efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas 5 SD Negeri 5 Ngembalrejo karena dapat mencapai KKTP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IMED

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of IMED presents new ideas, developments, and innovations in mathematics education. It involves attempts to enhance teaching and learning mathematics in the classroom at all levels. It deals with educational articles from research, recent issues, and literature reviews. All paper related to ...