Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM)
Vol. 4 No. 2 (2023): Edisi April 2023

Implementasi Metode Study Groups Menggunakan Multiplication Table Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa

Sasomo, Budi (Unknown)
Anggara, Wahyu (Unknown)
Novitasari, Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode study groups menggunakan multiplication table terhadap pemahaman konsep perkalian siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif. Teknik pegumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunujukkan Metode pemahaman konsep perkalian yang dilakukan peneliti dalam pembelajaran Matematika mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik yang semula pada siklus 1 mencapai rata-rata hasil belajar 72,7 menjadi 79 pada siklus ke 2. Hasil pengamatan aktifitas siswa pada siklus I rata-rata 3 pada kategori cukup baik dan pada siklus ke 2, rata-rata 4 pada kategori baik pada penerapan metode study groups menggunakan multiplication table selama simulasi pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JIPM: Journal of Mathematics Learning Innovation is a journal published by the Mathematics Education Study Program of STKIP PGRI Sumenep, which contains articles from empirical studies or research related to teaching and learning in the field of mathematics and mathematics education. JIPM is ...