Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM)
Vol. 4 No. 2 (2023): Edisi April 2023

Efektivitas Pembelajaran Metode Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Matematika

Sasomo, Budi (Unknown)
Mashuri, Anwas (Unknown)
Yuniar, Reni Marta (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar manakah yang lebih efektif bagi siswa kelas VII SMPN 3 Ngawi antara pembelajaran menggunakan metode cooperative script atau pembelajaran matematika secara langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain posttest-only control design dan quasi-experimental design. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 3 Ngawi. Sampel penelitian meliputi 1 kelas eksperimen metode Cooperative Script VII A dengan jumlah 30 siswa dan 1 kelas kontrol VII D dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini berupa tes. Teknik analisis data dengan komputasi statistik adalah data yang dapat diukur dan dilihat korelasinya. Uji statistik yang digunakan adalah uji-t (Hipotesis t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bawa pembelajaran dengan metode Cooperative Script lebih efektif dari pada menggunakan pembelajaran langsung pada proses pembelajaran matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JIPM: Journal of Mathematics Learning Innovation is a journal published by the Mathematics Education Study Program of STKIP PGRI Sumenep, which contains articles from empirical studies or research related to teaching and learning in the field of mathematics and mathematics education. JIPM is ...