Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM)
Vol. 5 No. 2 (2024): Edisi April 2024

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Group Investigation Pada Materi Pokok Balok dan Kubus

Rasul, A. (Unknown)
Subhanudin, Subhanudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan oleh pembelajaran yang diterapkan guru menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga menjadikan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran serta kesulitan siswa dalam memahami pelajaran matematika. Terkait dengan permasalahan yang ditemukan maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) merupakan model pembelajaran berkelompok yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran serta menekankan pada kerjasama antar siswa dalam memecahkan suatu masalah sehingga tentu membangkitkan semangat dan motivasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Instrument dan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil evaluasi kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I adalah persentase ketuntasan belajar secara klasikal yang dicapai 64,52% dengan nilai rata-rata 71,0 hasil evaluasi siklus II adalah 83,87% dengan nilai rata-rata 74,0. Persentase aktivitas siswa siklus I adalah 76,25% pada kategori cukup, persentase aktivitas siswa siklus II adalah 83,75% pada kategori baik. Jadi, hasil penelitian yang didapatkan semakin meningkat dari tiap siklus. Dari hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada m ateri pokok bangun ruang balok dan kubus siswa kelas VIII di SMP YABT Petra Timika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JIPM: Journal of Mathematics Learning Innovation is a journal published by the Mathematics Education Study Program of STKIP PGRI Sumenep, which contains articles from empirical studies or research related to teaching and learning in the field of mathematics and mathematics education. JIPM is ...