Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa SMP Negeri 8 Mimika melalui penerapan model pembelajaran koopertif tipe make a match. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak dua siklus dimana siklus I terdiri dari 4 pertemuan dan siklus II terdiri dari 5 pertemuan. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII D yang berjumlah 29 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika. Data dikumpulkan menggunakan tes dan lembar observasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis hasil observasi dan tes. Hasil prasiklus diperoleh hanya 8 siswa atau sekitar 27,58% tuntas dan mengalami peningkatan menjadi 24 siswa atau sekitar 82,75% pada siklus I. Peningkatan juga terjadi antara siklus I ke siklus II yaitu tuntas 100%, artinya siswa sudah melampaui indikator ketuntasan belajar yaitu 60. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas VIII pada materi fungsi dan relasi.
Copyrights © 2023