Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM)
Vol. 5 No. 1 (2023): Edisi Oktober 2023

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

Rasul, A. (Unknown)
Subhanudin, Subhanudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa SMP Negeri 8 Mimika melalui penerapan model pembelajaran koopertif tipe make a match. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak dua siklus dimana siklus I terdiri dari 4 pertemuan dan siklus II terdiri dari 5 pertemuan. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII D yang berjumlah 29 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika. Data dikumpulkan menggunakan tes dan lembar observasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis hasil observasi dan tes. Hasil prasiklus diperoleh hanya 8 siswa atau sekitar 27,58%  tuntas dan mengalami peningkatan menjadi 24 siswa atau sekitar 82,75% pada siklus I. Peningkatan juga terjadi antara siklus I ke siklus II yaitu tuntas 100%, artinya siswa sudah melampaui indikator ketuntasan belajar yaitu 60. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas VIII pada materi fungsi dan relasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JIPM: Journal of Mathematics Learning Innovation is a journal published by the Mathematics Education Study Program of STKIP PGRI Sumenep, which contains articles from empirical studies or research related to teaching and learning in the field of mathematics and mathematics education. JIPM is ...