Mores: Jurnal Pendidikan Hukum, Politik dan Kewarganegaran
Vol. 4 No. 1 (2022): Isu Sosial Politik

KARAKTER MANDIRI PADA SISWA AUTIS MELALUI PEMBELAJARAN DARING

Halimah, Lili (Unknown)
Pandikar, Ernandia (Unknown)
Azhari, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Pemerintah maupun masyarakat semakin sadar bahwa pendidikan merupakan hak semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus, yaitu anak yang mengalami gangguan fisik, mental, inteligensi, dan emosi sehingga membutuhkan pembelajaran khusus, dimana anak berkebutuhan khusus (ABK) merujuk pada anak yang memiliki kesulitan atau ketidakmampuan belajar. Anak berkebutuhan khusus diharapkan mampi memiliki karakter mandiri. Karakter mandiri bagi anak autis merupakan tujuan akhir agar anak tidak bergantung kepada orang lain dan dapat bertanggungjawab dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang dilakukan di SLB A Negeri Cimahi dengan responden guru kelas Autis dan orang tua siswa. Pendekatan yang dipilih dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Pendidikan Khusus tahun 2017, tetapi materi yang diberikan kepada anak disesuaikan dengan spesialisasi masing-masing kebutuhan anak. Karakter mandiri bagi anak autis merupakan tujuan akhir agar anak tidak bergantung kepada orang lain dan dapat bertanggungjawab dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mores

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Mores: Jurnal Pendidikan Hukum, Politik dan Kewarganegaran diterbitkan Prodi. PPKN, STKIP Pasundan Cimahi. Para editor menerima artikel yang menjelaskan penelitian teoritis dan eksperimental terbaru terkait dengan (1) artikel Teoritis; (2) studi empiris; (3) Makalah berorientasi praktik; (4) ...