Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami penguatan sikap toleransi siswamelalui implementasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Bina Putra,Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini mengangkat beberapa rumusan masalah, yaitu: bagaimanagambaran sikap toleransi siswa di SMK Bina Putra, mengapa peran guru menjadi faktor kunci dalammembentuk sikap toleransi siswa, serta strategi pembelajaran apa yang efektif untuk memperkuatsikap toleransi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiandeskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap toleransi siswa di SMK Bina Putra merupakan aspekpenting yang perlu mendapat perhatian. Implementasi pembelajaran Pendidikan Pancasila danKewarganegaraan terbukti memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk sikap toleransisiswa. Selain itu, strategi pembelajaran yang efektif dan penguatan kompetensi guru juga memberikandampak positif terhadap kemampuan guru dalam membina sikap toleransi di lingkungan sekolah
Copyrights © 2025