Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol. 4 No. 1 (2016)

PENERAPAN LANGKAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMPN 6 BOLANO LAMBUNU

Ratna Sari (Unknown)
Baharuddin Paloloang (Universitas Tadulako)
Bakri Mallo (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2016

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan langkah Polya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada soal cerita SPLDV di kelas VIII SMPN 6 Bolano Lambunu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan langkah Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada soal cerita SPLDV di kelas VIII SMPN 6 Bolano Lambunu, dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) memahami masalah, (2) membuat perencanaan, (3) melaksanakan perencanaan, dan (4) mengecek kembali. Kata Kunci: langkah Polya, hasil belajar dan soal cerita SPLDV Abstract: The purpose of this research was to give a description on the application of the Polya can improve learning outcomes students at SPLDV word problems in class VIII SMPN 6 Bolano Lambunu. The research is research class action ( PTK ) and design research referring to a model Kemmis and Mc. Taggart is planning, the action, observation and reflection. The kind of data that used was the data qualitative and quantitative data to technique data collection the observation, interview, field note, and tests. This research carried out in two cycle and masing-masing cycle carried out in two meetings. Based on the results of this research suggests that the implementation of the Polya can improve learning outcomes students at spldv word problems in class VIII SMPN 6 Bolano Lambunu , by following the footsteps as follows: (1) understand a problem , (2) making plan , (3) implement planning , and (4) check back. Keywords: Step Polya , the learning and word problems SPLDV

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpmt

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (JEPMT) is a mathematics education journal that has p-ISSN number 2338-378X and e-ISSN number 3089-803X. JEPMT contains writings raised from the results of research or critical studies in the field of mathematics education and / or its instructional. ...