Tuwah Pande
Vol. 2 No. 1 (2023): Juni : JurnalĀ  Ilmu Pendidikan dan Pengajaran

PENERAPAN METODE COPY THE MASTER MODIFIKASI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAWE ALAS TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

ERUT PITA SARI (STKIP Usman Safri Kutacane)
JAMES MARUDUT (STKIP Usman Safri Kutacane)
IRFAN JOHARI (STKIP Usman Safri Kutacane)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Teknik Copy The Master Modifikasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Lawe Alas tahun pembelajaran 2021/2022 yang berjumlah keseluruhan 103 siswa, terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini siswa 27 yaitu kelas X IPS 1 yang diambil menggunakan teknik purposif sampling atau pengambilan sampel yang ditentukan. Adapun hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada Bab IV, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Copy The Master Modifikasi Sebagai Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2021/2022. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata tes awal Pembelajaran Menulis Cerpen siswa adalah sebesar 59.26 dengan standar deviasinya sebesar 6.63 dan mengalami peningkatan nilai hasil tes akhirnya dengan nilai rata-ratanya sebesar 81.30 dengan standar deviasinya sebesar 5.20 Berdasarkan data hasil tes awal dan tes akhir siswa tersebut dan jika dikaitkan dengan nilai KKM bahasa Indonesia untuk SMA sebesar 75, maka Pembelajaran Menulis Cerpen untuk tes akhir siswa termasuk dalam Kemampuan baik. Selain itu, pada nilai tobservasi > ttabel yakni 13.35 > 2,056 maka dengan demikian dari hasil pengujian hipotesis di atas diperoleh kesimpulan bahwa ada Peningkatan Penerapan Metode Copy The Master Modifikasi Sebagai Upaya Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2021/2022

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tuwahpande

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran; menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang masalah terkini dan utama yang berhubungan dengan studi ilmu Pendidikan dan Pengajaran. Artikel dapat berasal dari salah satu bidang berikut : Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, ...