Tuwah Pande
Vol. 2 No. 2 (2023): Desember : Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran

PENERAPAN METODE SMALL GROUP WORK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BADAR TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

Sri Malinda (Unknown)
Ati Rosmiati (Unknown)
Lusi Selvia Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada penerapan metode small group work terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Badar Tahun Pembelajaran 2021/2022. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Badar yang berjumlah 73 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan one group preetest and posttest design dengan analisis data menggunakan uji “t”. Adapun data yang diperoleh nilai rata-rata tes awal penerapan metode small group work terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi adalah sebesar 53,66 dan termasuk dalam kategori kurang, dengan standar deviansinya sebesar 5,76 dan mengalami peningkatan pada hasil tes akhirnya dengan nilai rata – rata 76,33 dengan standar deviansinya sebesar 3,72. Berdasarkan hasil nilai tes awal dan tes akhir siswa tersebut dan jika dikaitkan dengan nilai KKM pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Badar sebesar 75, maka kemampuan siswa dalam penerapan metode small group work terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi untuk tes akhir siswa termasuk dalam kategori baik. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 16,66 dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% adalah sebesar 1,699 dengan demikian thitung > ttabel atau 16,66 > 1,699 maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada penerapan metode small group work terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Badar Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tuwahpande

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran; menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang masalah terkini dan utama yang berhubungan dengan studi ilmu Pendidikan dan Pengajaran. Artikel dapat berasal dari salah satu bidang berikut : Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, ...