JEMIL
Vol. 2 No. 1: February 2023

PERAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP NEGERI 4 TOTIKUM

Nurhia (Unknown)
Surni Kadir (Unknown)
Hamdi Rudji (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk a) Menjelaskan Peran Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 4 Totikum. b) Menjelaskan Tinjauan Manajemen Pendidikan Islam Terkait Peran Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Islam Siswa SMP Negeri 4 Totikum. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Guru pendidikan agama Islam telah memahami dan menunjukkan ciri-ciri kepribadian yang baik dalam pelaksanaan tugas dan kewajiban sehari-hari. Peran kepribadian guru memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Totikum yang dapat dilihat dari prestasi dan hasil belajar yang dicapai siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dimana siswa memperoleh nilai di atas rata-rata. Siswa mengagumi guru pendidikan agama Islam karena guru memiliki kepribadian yang menyenangkan, yang terlihat dalam ucapan, perilaku, dan metode pengajarannya. Berdasarkan tinjauan manajemen pendidikan Islam terkait peranan kompetensi kepribadian guru, manajemen yang dilakukan telah sesuai dengan manajemen pendidikan Islam. Adapun manajemen yang dilakukan guru meliputi, perencanaa, pelaksanaa, pengorganisasian dan evaluasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEMIL

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) (ISSN: 2961-9491) is a peer-reviewed scholarly journal published periodically, aiming to serve as a platform for the publication of research findings and conceptual studies in the fields of educational management and Islamic ...