Room of Civil Social Development
Vol. 3 No. 3 (2024): Room of Civil Society Development

Sosialisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak untuk Menghadapi Tantangan di Lingkungan Sekolah PAUD

Sulastya Ningsih (Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia)
Mita Sari (Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia)
Nunung Suryana Jamin (Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia)
Icam Sutisna (Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia)
Rifda Mardian Arif (Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia)
Ryan Hidayat Rafi’ola (Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia)
Ibrahim (Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Masa kanak-kanak dini adalah masa di mana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dari usia 0-6 tahun. Anak-anak tumbuh dengan karakteristik yang berbeda sesuai dengan aspek perkembangan anak. Pada tahap ini, aspek perkembangan anak, termasuk perkembangan sosial-emosional, memiliki peran penting dalam perkembangan anak karena anak belajar berinteraksi dengan lingkungannya, bermain, berbagi, dan bersosialisasi. Tentu saja, mereka harus dibiasakan sejak dini agar anak dapat menghadapi tantangan yang terjadi di sekolah dan lingkungan rumah mereka. Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Balai Desa Timbuolo Tengah, Kecamatan Botupinge, Kabupaten Bone Bolango, dihadiri oleh kepala desa beserta stafnya, orang tua murid TK dan guru PAUD serta masyarakat setempat. Kegiatan ini memberikan pemahaman tentang perkembangan sosial emosional anak dalam menghadapi tantangan di lingkungan pra sekolah. Perkembangan adalah proses di mana pertumbuhan berubah seiring waktu, tergantung pada kematangan dan interaksi dengan lingkungan. Perkembangan sosial emosional anak perlu dikembangkan sedini mungkin karena jika sulit untuk berkembang maka anak akan kesulitan berkomunikasi dengan orang lain dan anak akan kesulitan menghadapi tantangan di lingkungan sekitarnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

rcsd

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Room of Civil Society Development (RCSD) is a community service-oriented journal that focuses on advancing theories, research, and practices in community participation and empowerment. The journal explores innovative approaches to fostering active participation of communities ...