Room of Civil Social Development
Vol. 4 No. 1 (2025): Room of Civil Society Development

Meningkatkan Keterampilan Public Speaking melalui Workshop Storytelling: Studi Intervensi pada Siswa SMA Ar-Rohmah 2 Putri IIBS

Fikri, Moh. Hilman (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)
Supriadi, Supriadi (Unknown)
Bayu Putra, Rizky Perdana (Unknown)
Yasin, Mohammad Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Keterampilan public speaking dalam bahasa Inggris sangat penting, terutama bagi siswa, khususnya santriwan dan santriwati yang akan menghadapi tantangan global di era modern ini. Artikel ini menguraikan kegiatan pelatihan storytelling yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum dan kepercayaan diri siswa SMA Ar-Rohmah 2 Putri IIBS dalam berbahasa Inggris. Pelatihan ini dilaksanakan menggunakan metode ceramah, demonstrasi, dan pemberian umpan balik yang dilakukan selama dua minggu di hall SMA Ar-Rohmah Putri 2 IIBS. Puncak dari kegiatan ini adalah lomba storytelling tingkat nasional yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya Malang pada tahun 2024. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan keterampilan public speaking peserta, terbukti dengan dua siswi yang lolos ke babak final lomba, dan salah satunya meraih juara 2. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa pelatihan storytelling yang diterapkan efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum, dan dapat diadaptasi sebagai model pembelajaran di sekolah-sekolah lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

rcsd

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Room of Civil Society Development (RCSD) is a community service-oriented journal that focuses on advancing theories, research, and practices in community participation and empowerment. The journal explores innovative approaches to fostering active participation of communities ...