Pendidikan karakter dapat diajarkan melalui ajaran Tri Hita Karana sebab merupakan pondasi awal dalam kontak sosial di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang implementasi pendidikan karakter melalui ajaran Tri Hita Karana, kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter melalui ajaran Tri Hita Karana, serta upaya dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui ajaran Tri Hita Karana di kelas XI SMAS Dharmapraja Denpasar. Karya ilmiah ini menggunakan metode penelitian penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian (1) implementasi pendidikan karakter melalui ajaran Tri Hita Karana dimulai beberapa tahapan yaitu menyusun perencanaan dengan membuat RPP. Tahap pelaksanaan diawali kegiatan pembelajaran mengucapkan salam dan berdoa, kegiatan inti pembelajaran yaitu memaparkan materi Tri Hita Karana dan mengimplementasikan pendidikan karakter melalui hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia, dan hubungan manusia dengan lingkungan, kegiatan diakhiri dengan penutup pembelajaran. Evaluasi dilakukan untuk menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yaitu menilai hasil tugas dan pencapain karakter siswa. (2) Kendala dalam implementasi pendidikan karakter melalui ajaran Tri Hita Karana yaitu kurangnya kedisiplinan siswa dimana ada beberapa siswa yang tidak mengikuti perintah dari guru dan kurangnya minat belajar siswa saat pembelajaran berlangsung ada beberapa siswa yang cuek dan acuh terhadap pelajaran. (3) Upaya dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui ajaran Tri Hita Karana di kelas XI yaitu dengan perhatian orang tua siswa, serta pemanfaatan media pembelajaran dapat menambah minat dan semangat belajar siswa.
Copyrights © 2021