Upadhyaya : Jurnal Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2021)

METODE DEMONSTRASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SDN 3 SADING

I Made Marcoluna (Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)
Ni Made Sukerni (Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)
I Nengah Sumantra (Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang penting untuk dilaksanakan, pandemi covid- 19menyebabkan pendidikan harus dilaksanakan tanpa adanya interaksi langsung antara guru dansiswa, oleh karena hal tersebut banyak terjadi permasalah dalam setiap proses pembelajaran,disinilah peranan guru sangat penting dalam menciptakan proses pendidikan yang interaktif.Sekolah Dasar No. 3 Sading menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran daring yangmemiliki efektivitas yang lebih dibandingkan pembelajaran daring konvensional lainnya.Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimanakah pelaksanaanmetode demonstrasi dalam pembelajaran daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu padasiswa kelas V di Sekolah Dasar No. 3 Sading? (2) Apa sajakah kendala metode demonstrasidalam pembelajaran daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu pada siswa kelas V diSekolah Dasar No. 3 Sading? dan (3) Bagaimanakah upaya-upaya mengatasi kendala metodedemonstrasi dalam pembelajaran daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindupada siswakelas V di Sekolah Dasar No. 3 Sading? Teori yang digunakan sebagai payung dalammenganalisa permasalah adalah teori struktural fungsional yang dikemukakan oleh TalcottParsons, teori behavior yang dikemukakan oleh Ivan Petrovich Pavlo, dan teori konstruktivismedikemukakan oleh Jean Piaget, Bruner dan Lev Vygotsky. Penelitian ini tergolong dalampenelitian kualitatif. data disajikan secara deskriptif, dengan metode pengumpulan data berupawawancara, observasi, dokumen, dan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukanpelaksanaan pembelajaran daring dengan penggunaan metode demonstrasi, terdiri dari tigatahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, kendala dalam pembelajaran inimeliputi, materi yang tidak dapat didemonstrasikan, dan sarana prasarana yang kurangmendukung, dan upaya menanggulanginnya adalah, dengan mencari referensi danmenggunakan sarana sebaik mungkin.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

UP

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Upadhyaya : Jurnal Penelitian Pendidikan Fakultas Dharma Acarya merupakan wadah yang menampung artikel-artikel mahasiswa dan dosen terkait penelitian pendidikan yang berfokus pada Pendidikan Agama, Pendidikan Bahas Bali, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan ...