Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang penting untuk dilaksanakan, pandemi covid- 19menyebabkan pendidikan harus dilaksanakan tanpa adanya interaksi langsung antara guru dansiswa, oleh karena hal tersebut banyak terjadi permasalah dalam setiap proses pembelajaran,disinilah peranan guru sangat penting dalam menciptakan proses pendidikan yang interaktif.Sekolah Dasar No. 3 Sading menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran daring yangmemiliki efektivitas yang lebih dibandingkan pembelajaran daring konvensional lainnya.Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimanakah pelaksanaanmetode demonstrasi dalam pembelajaran daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu padasiswa kelas V di Sekolah Dasar No. 3 Sading? (2) Apa sajakah kendala metode demonstrasidalam pembelajaran daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu pada siswa kelas V diSekolah Dasar No. 3 Sading? dan (3) Bagaimanakah upaya-upaya mengatasi kendala metodedemonstrasi dalam pembelajaran daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindupada siswakelas V di Sekolah Dasar No. 3 Sading? Teori yang digunakan sebagai payung dalammenganalisa permasalah adalah teori struktural fungsional yang dikemukakan oleh TalcottParsons, teori behavior yang dikemukakan oleh Ivan Petrovich Pavlo, dan teori konstruktivismedikemukakan oleh Jean Piaget, Bruner dan Lev Vygotsky. Penelitian ini tergolong dalampenelitian kualitatif. data disajikan secara deskriptif, dengan metode pengumpulan data berupawawancara, observasi, dokumen, dan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukanpelaksanaan pembelajaran daring dengan penggunaan metode demonstrasi, terdiri dari tigatahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, kendala dalam pembelajaran inimeliputi, materi yang tidak dapat didemonstrasikan, dan sarana prasarana yang kurangmendukung, dan upaya menanggulanginnya adalah, dengan mencari referensi danmenggunakan sarana sebaik mungkin.
Copyrights © 2021