Effect : Jurnal Kajian Konseling
Vol 2 No 1 (2023): Effect : Jurnal Kajian Konseling

PERAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS LABORATORIUM UIN SUMATERA UTARA MEDAN

Sari Hasibuan, Nabila (Unknown)
Widiastuti, Erni (Unknown)
Nabilah Nisa, Awanis (Unknown)
Razaq, Muhammad Ainul (Unknown)
Prasetia, Mohamad Aji (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Laboratorium UIN Sumatera Utara Medan. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis. Penelitian yang dilakukan berupa survei untuk melihat secara ringkas kondisi dan situasi sebenarnya saat melakukan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, di mana peneliti membagikan angket yang berisi instrumen pertanyaan seputar kepuasan layanan bimbingan dan konseling. Deskripsi data mencakup ukuran tendensi sentral, seperti mean, median, modus, ukuran tendensi penyebaran, simpangan baku, varians, range, skor terendah, skor tertinggi, distribusi frekuensi dan histogram. Simpulan dari penelitian ini bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Laboratorium UIN Sumatera Utara Medan cukup baik. Kata Kunci. Guru; Bimbingan Konseling; Prestasi Belajar; Siswa   Abstract. This study aims to find out about the role of the guidance and counseling teacher in improving the learning outcomes of class VIII students at Madrasah Tsawaniyah Laboratory of the State Islamic University of North Sumatra, Medan. Researchers used a quantitative approach with descriptive analysis method. The research was carried out in the form of a survey to briefly see the actual conditions and situation when conducting the research. The data collection technique used was a questionnaire, in which the researcher distributed questionnaires containing questions about the satisfaction of guidance and counseling services. The description of the data includes measures of central tendency, such as mean, median, mode, measure of dispersion, standard deviation, variance, range, lowest score, highest score, frequency distribution and histogram. The conclusion from this study is that the role of the guidance and counseling teacher in improving the learning outcomes of class VIII students at Madrasah Tsawaniyah Laboratory of the State Islamic University of North Sumatra Medan is quite good. Keywords: Teacher; Counseling Guidance; Learning Achievement; Student

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

effect

Publisher

Subject

Education Other

Description

Effect : Jurnal Kajian Konseling diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan April, Agustus dan Desember. Jurnal ini fokus pada topik Kajian Konseling. Jurnal ini menyambut hangat kontribusi tulisan-tulisan atau artikel dari para sarjana dari setiap disiplin ilmu terkait. ...