Journal of Islamic Education Management Research (JIEMER)
Vol. 2 No. 1 (2023): Journal of Islamic Education Management Research (JIEMER)

PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Wirnawati (Unknown)
Asiah, Siti (Unknown)
Otaya, Lian G (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Tujuan dari materi ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa.  Hasil penelitian di lapangan mengenai pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa adalah sebagai berikut: Pertama, guru selalu merencanakan pengelolaan  kelas agar mendapatkan hasil belajar yang baik. Pengelolaan kelas yang dilakukan guru meliput pengaturan fasilitas, pengaturan pengajaran dan pengaturan peserta didik. Kedua, untuk mendapatkan hasil belajar yang baik dapat dilakukan dengan memberikan apresiasi dan persepsi terhadap siswa sebelum mulai pembelajaran di kelas,memberikan rasa aman dan nyaman dalam kelas untuk dapat mengikuti pembelajaran, menciptakan hubungan yang baik sesama siswa serta siswa dengan guru sehingga tercipta suasana kekeluargaan antar warga sekolah pada umumnya dan warga kelas pada khususnya. kesimpulan bahwa Pengelolaan Kelas merupakan suatu ilmu yang mengatur bagaimana proses dari pembelajaran yang ada di kelas, baik dalam hal pengaturan kelas, pengaturan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dan guru untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama yaitu mencapai hasil yang di inginkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIEMR

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Journal of Islamic Education Management Research (JIEMER) is an open access, peer-reviewed, and ranked journal according to article publication standards. We publish articles online quickly, with a print version published twice a year (February and August) on various topics, namely Management, ...