Joyful Learning Journal
Vol. 13 No. 1 (2024): Joyful Learning Journal: Maret 2024

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Leni Yulianti (Unknown)
Andrijati, Noening (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Evaluasi pencapaian siswa adalah aspek penting dalam penilaian efektivitas pendidikan. Dalam penelitian berfokus pada evaluasi pencapaian siswa sebelum intervensi dalam suatu mata pelajaran, untuk memahami kemajuan belajar siswa dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Penelitian bertujuan untuk menilai tingkat pemahaman siswa dan memberikan dasar bagi perencanaan intervensi yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa di masa depan. Data nilai siswa dari 28 partisipan dikumpulkan dan dianalisis. Penelitian dilakukan melalui pengamatan nilai pra siklus, siklus 1, dan siklus 2, serta kategori keaktifan dan hasil belajar siswa. Terdapat variasi signifikan dalam prestasi belajar siswa, dengan beberapa siswa menunjukkan kemajuan yang baik sementara yang lain memerlukan perhatian tambahan. Penilaian menunjukkan peningkatan yang konsisten dalam nilai rata-rata siswa dari pra siklus hingga siklus 2, serta peningkatan yang signifikan dalam kategori keaktifan dan hasil belajar siswa. Melalui penelitian ini, pendidik dapat merencanakan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan memberikan dukungan yang tepat kepada setiap siswa sesuai dengan kebutuhan mereka, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jlj

Publisher

Subject

Education

Description

Joyful Learning Journal publishes research articles on the development of innovative and creative learning media, the effectiveness of a learning model, the comparison of a learning activity in elementary school, the relationship of a learning concept as well as conceptual studies on basic ...