Joyful Learning Journal
Vol. 13 No. 1 (2024): Joyful Learning Journal: Maret 2024

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS VB SDN BENDAN NGISOR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORLDWALL

Anik Listianah (Unknown)
Isdaryanti, Barokah (Unknown)
Azizah, Luluk Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik melalui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media worldwall di kelas VB SDN Bendan Ngisor pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VB SDN Bendan Ngisor dengan jumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 16 perempuan dan 9 laki-laki dengan objek penelitian yaitu hasil belajar mata pelajar IPAS. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu nilai dari guru kelas dan pretes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di Kelas VB SDNĀ  Bendan Ngisor. Pada siklus I nilai rata-rata nilai peserta didik pada siklus I pertemuan I yaitu 52,6 dengan presntase ketuntasan keberhasilan sebesar 32%, sedangkan pada pertemuan 2 yaitu 68,4 dengan presntase ketuntasan keberhasilan sebesar 44%, nilai rata-rata pada siklus I ini belum memenuhi indikator keberhasilan ketuntasan hasil belajar yaitu minimal 75% sehingga perlu dilakukan tindakan pada siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik pada siklus I pertemuan I yaitu 74,6 dengan presntase ketuntasan keberhasilan sebesar 64%, sedangkan pada siklus II pertemuan II yaitu 81 dengan presntase ketuntasan keberhasilan sebesar 80%, angka ini sudah memnuhi indikator keberhasilan dari penelitian ini yaitu lebih dari 75% peserta didik mencapai KKTP. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran problem based learning (PBL) terjadi peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas VB SDN Bendan Ngisor tahun ajaran 2023/2024

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jlj

Publisher

Subject

Education

Description

Joyful Learning Journal publishes research articles on the development of innovative and creative learning media, the effectiveness of a learning model, the comparison of a learning activity in elementary school, the relationship of a learning concept as well as conceptual studies on basic ...