Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana metode TaRL berbantuan media Canva digunakan untuk mengajarkan teks puisi pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan lembar kerja siswa yang menghasilkan hasil Canva. Analisis data dilakukan secara informal. Apabila pendekatan TaRL berbantuan media Canva diterapkan pada materi teks puisi, hasilnya dapat berupa pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Pelaksanaan metode ini dilakukan melalui tahapan sebagai berikut: (1) Siswa berkelompok yang terdiri dari 4-6 orang, (2) Siswa dibagi menjadi kelompok yang sudah mahir dan yang belum mahir, (3) Siswa dalam setiap kelompok menentukan tema yang akan dijadikan konsep untuk menulis puisi, (4) Siswa dalam setiap kelompok menuliskan hasil puisi ke dalam Canva, (5) Siswa menampilkan hasil kerja kelompok melalui kegiatan presentasi. Respon siswa terhadap penerapan TaRL berbantuan media Canva sangat antusias dan baik. Mereka antusias mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran. Capaian pembelajaran juga sangat memuaskan dengan nilai rata-rata 89, berada di atas KKTP mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA Negeri 6 Semarang yang sebesar 70.
Copyrights © 2024