IJELM (Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning)
Vol. 2 No. 02 (2022): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM)

Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishmen Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Relasi Dan Fungsi: Indonesia

Arifin Nur Ikhsan (Unknown)
Oki Ribut Yuda Pradana (Unknown)
Budi Sasomo (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada nilai ulangan harian matematika semester I pada materi relasi dan fungsi. Hasil belajar yang rendah tersebut disebabkan siswa tidak disiplin dalam belajar, sehingga perlunya pendisplinan dalam pembelajaran yaitu dengan pemberian Punishmen bagi siswa yang melanggar dan reward bagi siswa yang berprestasi. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengaruh pemberian reward dan Punishmen terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan populasi siswa MTs Guppi Padas Ngawi kelas VII yang berjumlah 50 siswa.Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan uji analisis regresi sederhana. Hasil penelitian memberikan kesimpulan 1) Adanya pengaruh pemberan reward dan Punishmen terhadap hasil belajar siswa dengan Thitung 19,139 lebih besar dari Ttabel yaitu 2,069.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJELM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

IJELM: Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning is an information forum containing scientific research articles, literature studies, ideas, application of theory, critical analysis studies, and other research in the field of mathematics and mathematics education. But not limited to ...