Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tentang pendidikan kewirausahaan berbasis Al-Qur’an. Metode yang digunakan yaitu library research yang bersifat penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan tafsir maudhu’I atau tematik. Dalam membahas masalah, pengumpulan data di lapangan digunakan dengan teknik analisis dengan mengkaji ayat-ayat, ditafsirkan dan meninjau hadits-hadits yang berkaitan dengan penelitian ini kemudian di analisis dan disajikan secara komprehensif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan merupakan sebuah proses belajar mengajar dengan integrasi nilai spiritual, sosial dan nilai-nilai Al-Qur’an seperti inovasi, kejujuran, keadilan, kesetaraan dan toleransi yang memiliki tiga pokok yaitu creatifity innovation, opportunity creation dan calculated risk talking. Nilai-nilai Al-Qur’an diantaranya seperti Al-Kasb, Al-sa’yu, Al-‘Amal, Ibtigha, Al-Tijarah, Al-Rizq, dan Al-Fadhl.
Copyrights © 2021