Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program literasi di SDN Jemundo 1, peran guru, faktor pendukung, dan kendala pada peran guru dalam budaya literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SDN Jemundo 1 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari ketiga teknik pengumpulan data tersebut, penelitian ini memperoleh beberapa temuan. Temuan pertama berkaitan dengan program literasi di SDN Jemundo 1, Taman Sidoarjo, yang dilaksanakan secara rutin di perpustakaan sekolah, "Perpustakaan Ceria". Temuan kedua adalah peran guru dalam meningkatkan minat baca, yaitu sebagai motivator dan fasilitator. Temuan ketiga adalah faktor pendukung peran guru dalam meningkatkan minat baca. Temuan keempat adalah faktor penghambat peran guru dalam meningkatkan minat baca siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025