Iftitiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 1 No. 2 (2019): IFTITIAH: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Pendekatan dalam Pembelajaran: Analisis Berbagai Paradigma Pendidikan

Muhamad RizkaSaomi (STAI Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran merupakan proses yang terus berlangsung sepanjang hidup manusia untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya. Dalam konteks pendidikan, proses pembelajaran tidak hanya bergantung pada interaksi antara peserta didik dan guru, tetapi juga dipengaruhi oleh paradigma pembelajaran yang digunakan. Artikel ini membahas berbagai paradigma pembelajaran yang menjadi dasar dalam menyusun strategi pendidikan, yaitu paradigma behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, humanisme, dan sosial/kritis. Setiap paradigma memiliki karakteristik dan pendekatan yang berbeda dalam memahami proses belajar. Dengan memahami paradigma pembelajaran ini, pendidik dapat merancang metode yang lebih efektif sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan tujuan pendidikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijpiaud

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience Nursing Other

Description

IFTITIAH: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini (IJIPIAUD) accepts articles that have never been published in other print media. The scope of IJIPIAUD articles includes: development of moral and religious values, physical motor development, social emotional development, cognitive ...