Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2023

KAJIAN STRUKTURAL NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KRISNA PABICAHARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Nanyk Sudarwati Wulandesember (Universitas Bakti Indonesia, Banyuwangi, Indonesia)
Hanin Fathan Nurfina Istiqomah (Universitas Bakti Indonesia, Banyuwangi, Indonesia)
Ulya Nurul Laili (Universitas Bakti Indonesia, Banyuwangi, Indonesia)
Nurul Mutmainah (Universitas Bakti Indonesia, Banyuwangi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara merupakan salah satu novel populer yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah melakukan kajian struktural unsur intrinsik dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia SMA. Terdapat 5 (lima) unsur intrinsik yang mendominasi diantaranya adalah tema, alur, latar, penokohan serta sudut pandang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menganalisis novel secara menyeluruh. Novel ini mengangkat kisah dari mimpi seorang anak yang mendambakan sepatu sejak kecil. Berbagai proses kehidupan tidak menyurutkan langkahnya agar memiliki sepasang sepatu. Terdapat 7 tokoh penting dari 34 tokoh yang dilibatkan dalam novel. Sosok Dahlan menjadi tokoh utama dalam rangkaian cerita. Hasil kajian struktural unsur intrinsik novel ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia SMA untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik novel. Selain itu, nilai-nilai kehidupan yang terkadung dapat diaplikasikan pada pembelajaran kehidupan sehari-hari

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...