Jurnal kiprah pendidikan
Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Kiprah Pendidikan | Oktober 2023

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT BERBEDA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN SNOWBALL THROWING

Nurmini, Meida (Unknown)
Sunarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Rendahnya hasil belajar selama pembelajaran matematika, terutama mengenai Penjumlahan Pecahan, Penyebut Penyebut, menjadi permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini. Dengan demikian penelitian ini selesai dengan maksud untuk mengetahui latihan pendidik, latihan peserta didik dan hasil belajar dalam memanfaatkan perpaduan model pembelajaran Issue Based Learning, Snowball Tossing pada materi Perluasan Porsi dengan Berbagai Penyebut. Ujian ini merupakan penelitian kegiatan wali kelas. Sepuluh peserta didik kelas V SDN Aluh – Aluh Besar 2 Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2022/23 dijadikan sebagai subjek penelitian. Lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan hasil belajar peserta didik digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Tanda kemajuan penelitian kegiatan wali kelas peserta didik mampu mencapai nilai di atas KKM atau ≥65 dan dapat mencapai indikator keberhasilan secara klasikal ≥80% dari semua peserta didik di kelas, dan gerakan pendidik dapat sampai pada model "umumnya sangat baik" dan aktivitas peserta didik dapat sampai pada ukuran "sangat dinamis". Pada siklus II hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran mencapai keberhasilan mutu kegiatan pendidik dengan kategori “sangat baik”. Pada siklus II, peserta didik memperoleh aktivitas kategori “sangat aktif”. Peserta didik mencapai keberhasilan ketika menguasai materi yang dipelajarinya, seperti tuntas baik secara individual maupun klasikal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ ISSN 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] is a peer-reviewed academic journal that focuses on the development and dissemination of knowledge in the field of education and teaching. The journal publishes original research articles, literature reviews, classroom action ...