Multidisciplinary Indonesian Center Journal
Vol. 2 No. 2 (2025): Vol. 2 No. 2 Edisi April 2025

LEADERSHIP AND ORGANIZATIONAL STRUGGLE IN ANALYSIS OF HISTORY TEXTBOOK OF THE INDEPENDENT CURRICULUM

Widyawati, Diah (Unknown)
Zamhari, Ahmad (Unknown)
Risman, Delfia Chintika (Unknown)
Seda, Dea Miken Iesikel (Unknown)
Alfarizi, Muhammad Faris (Unknown)
Azgha, Rommy Aji (Unknown)
Nur Syafarudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Buku teks sejarah adalah sumber infromasi utama bagi siswa, buku teks sangat penting untuk membantu siswa memahami sejarah dan nilai-nilainya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui muatan Kepemimpinan dan perjuangan organisasi dalam analisis buku teks sejarah kurikulum merdeka yang di gunakan peserta didik sebagai sumber utama pembelajaran di sekolah. Metode penelitian ini yaitu studi pustaka, dengan analisis datanya berupa analisis isi yang difokuskan kepada kepemimpinan dan perjuangan organisasi dalam buku teks sejarah SMA kurikulum merdeka. Hasil penelitian diperoleh kepemimpinan dan perjuangan organisasi dalam buku teks sejarah kurikulum merdeka antara lain Laksamana Malahayati memimpin pasukan Armada Inong Bale (wanita Janda), Tuanku Imam Bonjol memimpin perang padri, Pangeran Antasari memimpin perang Banjar dan Soekarno saat memimpin Romusha secara sukarela. Dapat disimpulkan bahwa temuan kepemimpinan dan perjuangan organisasi dalam buku teks sejarah kurikulum merdeka mengandung muatan nilai-nilai karakter seperti nilai semangat kebangsaan, demokrasi, kebhinekaan global, gotong royong, dan tanggung jawab bagi generasi selanjutnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

micjo

Publisher

Subject

Religion Humanities Earth & Planetary Sciences Education Other

Description

Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO) adalah Jurnal multidisiplin yang membahas dan mengkaji semua disiplin ilmu, seperti: - Humaniora - Ilmu sosial - IPA - Ilmu hukum - Ilmu pendidikan, - Ilmu agama - Ilmu bahasa - Filsafat, - Teknik - Bisnis - Ekonomi - Manajemen - Teknologi ...