Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 2 (2025): April, Culture and Identity

Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam Penanganan Kebencanaan di Kabupaten Bojonegoro

Ida Swasanti (Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bojonegoro)
Esa Septian (Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bojonegoro)
Syamaidzar Hafidz (Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bojonegoro)
Novita Ellisa (Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bojonegoro)
Septi Wulandari (Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam penanganan kebencanaan, khususnya bencana banjir di Kabupaten Bojonegoro, dengan fokus pada lima indikator kinerja: produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun BPBD Kabupaten Bojonegoro telah melaksanakan berbagai program penanggulangan bencana, terdapat beberapa kekurangan, terutama dalam hal penyediaan sarana dan prasarana serta keterbatasan sumber daya manusia. Masyarakat memberikan respons positif terhadap program BPBD, namun terdapat tantangan dalam hal koordinasi tim dan implementasi program yang lebih efektif. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan peningkatan kerjasama antar tim dan optimasi pemanfaatan teknologi dalam mendukung kegiatan penanggulangan bencana. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi lebih lanjut dalam penanggulangan bencana di daerah dengan potensi risiko tinggi seperti Kabupaten Bojonegoro.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...