AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Vol. 1 No. 5 (2022): JUNI-JULI TAHUN 2022

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SHARING READING LITERACY TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS NEGOSIASI SISWA SMA NEGERI 15 PADANG

Wulandari, Dewi (Unknown)
Silvia Marni (Unknown)
Indriani Nisja (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran sharing reading literacy terhadap kemampuan membaca teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA N 15 Padang yang berjumlah 28 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan membaca teks negosiasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran sharing reading literacy siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga hal berikut ini. Pertama, tingkat kemampuan membaca teks negosiasi sebelum menggunakan model pembelajaran sharing reading literacy siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang memperoleh nilai rata-rata 45,60 dengan klasifikasi 36-45% yaitu kurang (K). Kedua, kemampuan membaca teks negosiasi sesudah menggunakan model sharing reading literacy siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang memperoleh nilai rata-rata 85, 36 dengan klasifikasi 76-85% yaitu baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t di dapat hasil uji hipotesis yaitu t hitung > t tabel (14,33 > 1,70). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran sharing reading literacy efektif terhadap kemampuan membaca teks hikayat siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AUFKLARUNG

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is published by Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is published 6 (six) times a year in November (October-November ...