JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 10, No 2 (2025): Mei, Virtual reality in teacher education: Innovations, opportunities, and chal

Efektivitas Bahan Ajar Peninggalan Sejarah Lokal Banten Berbasis Digital terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Baros

Ilham, Sahrul Rohman (Unknown)
Nurhasanah, Ana (Unknown)
Prasadana, Muhammad Anggie Farizqi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dapat ditingkatkan melalui proses pembelajaran, termasuk dalam pendidikan sejarah. Akan tetapi, di SMA Negeri 1 Baros, pembelajaran sejarah belum dimanfaatkan secara optimal untuk menumbuhkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan bahan ajar sejarah lokal Banten berbasis digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan melibatkan kelas eksperimen (XI 4) dan kelas kontrol (XI 1). Analisis menggunakan uji-t Two Sample Assuming Equal Variances menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan (thitung = -8,28 ttabel = 1,99) sehingga H ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa integrasi bahan ajar sejarah lokal Banten berbasis digital memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...