Primary Didactic: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 2 No 1 (2022): Primary Didactic: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI PULAU OSI RESETLEMENT

Miswati, Eka (Unknown)
Ayal, Carolina Selfisina (Unknown)
Takaria, Johannis (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Open Ended pada materi operasi hitung pecahan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melalui emoat tahapan, yaitu penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri P. Osi Resetlement. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Open Ended pada materi operasi hitung pecahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes setiap siklus, yaitu pada siklus I siswa memperoleh nilai mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 6 siswa dengan presentasi 37,5%. Sedangkan pada siklus II meningkat 50%, yaitu 87,5% dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM sebanyak 14 siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didactic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Primary Didactic berfokus pada hasil penelitian terkait penelitian pendidikan di bidang konsep ilmiah pendidikan dasar yang meliputi matematika, sains, ilmu sosial, kewarganegaraan, dan bahasa Indonesia pendidikan pada pendidikan sekolah dasar serta dinamika pendidikan yang berdampak pada ...