Cognitive
Vol. 2 No. 1 (2024): April

ANALISIS POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Rofiqi (Unknown)
Sugianto, Hendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisis secara mendalam pola komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis library research di mana data-data diperoleh dari analisis sumber-sumber informasi yang ada di perpustakaan, berupa buku, jurnal, tesis, sebagai dasar untuk menyusun argumentasi dan menganalisis fenomena yang diteliti. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pola komunikasi interpersonal ini mencakup beragam aspek, seperti kejelasan pesan yang disampaikan, responsif terhadap kebutuhan individual siswa, tingkat keakraban dalam interaksi, serta penggunaan bahasa yang sesuai dengan konteks dan pemahaman siswa. Temuan ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang dinamika komunikasi dalam pembelajaran agama Islam, yang dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inklusif di masa depan, serta memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas interaksi interpersonal dalam konteks pendidikan agama Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cognitive

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cognitive: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran adalah jurnal akademik yang di dedikasikan sebagai media dan sarana diseminasi hasil penelitian dan konsep hasil pemikiran mencakup topik-topik dalam bidang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel hasil penelitian yang ditulis oleh para ...