Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji seberapa kreatif siswa memecahkan masalah yang berkaitan dengan IQ mereka. Metodologi penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Siswa merupakan populasi penelitian. Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini, dan total 100 siswa dilibatkan. Dalam penelitian ini statistik deskriptif digunakan untuk menguji data yang dikumpulkan dari instrumen tes kemampuan pemecahan masalah kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah kreatif berada dalam kategori sedang, artinya sebagian besar siswa dapat mengidentifikasi informasi yang paling relevan dengan solusi masalah yang ingin dipecahkannya, mengklasifikasikan masalah dan menghubungkannya dengan informasi yang ditemukan, mengidentifikasi berbagai ide yang dapat menjadi solusi dari masalah yang ingin dipecahkan, dan memilih berbagai solusi yang mempunyai potensi terbesar dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan pemecahan masalah kreatif siswa masuk dalam kategori tinggi. Jadi berdasarkan hasil analisis tes ANOVA, kecerdasan intelektual (IQ) siswa berpengaruh terhadap kemampuan kreatif pemecahan masalah pada materi pembelajaran.
Copyrights © 2023