Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Penggunaan Media Lapbook terhadap Hasil Belajar pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN 33 Palembang

Okctavia, Luvi (Unknown)
Mulbasari, Anggria Septiani (Unknown)
Nurlela, Nurlela (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media lapbook apakah berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan kontrol dengan desain True Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 33 Palembang. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 33 peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas VD sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah lembar penilaian tes terhadap hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t-test sample related. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media lapbook sangatlah berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi volume bangun ruang kelas V di SD Negeri 33 Palembang dengan hasil uji T-Test 0,000 < 0,05. Dengan demikian Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...