Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengaruh Metode Debat dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Argumentatif pada Mahasiswa

Abdi Sakti Walenta (Universitas Kristen Tentena)
Nofirman Nofirman (Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH)
Trisna Rukhmana (STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh)
Elisabeth Sitepu (Universistas Darma Agung)
Rizki Ramadhani (STIT Al-Quraniyah Manna)
Joni Wilson Sitopu (Universitas Simalungun)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode debat terhadap kemampuan berpikir kritis dan argumentatif mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa tingkat akhir yang aktif terlibat dalam debat akademik. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode debat secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan argumentatif mahasiswa. Melalui debat, mahasiswa belajar mengevaluasi argumen secara lebih mendalam, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan argumen, serta mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang lebih terstruktur dan logis. Selain itu, debat juga meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam menyampaikan pendapat secara rasional dan berbasis data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode debat merupakan strategi pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan argumentatif, serta memiliki potensi untuk diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu di perguruan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...