Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengembangan Alat Permainan Edukatif Blending Board untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun

Cristina, Cristina (Unknown)
Novianti, Ria (Unknown)
Solfiah, Yeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2024

Abstract

Media Blending Board dikembangkan karena masih ada anak usia 5-6 tahun yang harusnya sudah masuk pada tahap kemampuan membaca permulaan tapi belum memasuki tahap tersebut, kemampuan membaca anak yang sangat rendah dikarenakan kurangnya minat anak usia dini pada proses belajar membaca, media yang disediakan kurang menarik perhatian anak usia dini. Tujuan utama dari pengembangan media ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun berupa alat permainan edukatif Blending Board. Media ini dilengkapi papan LED yang di program untuk membentuk berbagai huruf yang jika disatukan dapat membentuk sebuah kata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research And Development (R&D) dengan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahapan pengembangan dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan dan observasi, mendesain ulang produk, mengembangkan dan memvalidasi produk, uji coba produk dan yang terakhir evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Blending Board dinyatakan sangat layak untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun berdasarkan validasi ahli materi (93%), ahli media (94%), ahli pendidik (96%) dan uji coba terbatas (97%). Oleh karena itu, media Blending Board direkomendasikan untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...