Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian tujuan sekolah alam melalui penelitian evaluasi menggunakan model Goal Oriented Approach dengan pendekatan evaluatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Islam Terpadu (SDIT) Ar- Royan Kota Padang Sumatera Barat dengan informasn kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, studi dokumentasi, wawancara dan diskusi (Focus Group Discussion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku, wawasan dan keterampilan peserta didik telah sesuai dengan kriteria dan standar tujuan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah dan peserta didik mampu untuk meningkatkan perilaku, wawasan, dan keterampilan yang dimilikinya yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran dan mutu sekolah, khususnya Sekolah Alam di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar-Royyan Kota Padang Sumatera Barat.
Copyrights © 2024