Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Perancangan Aplikasi Kuis Sebagai Media Pembelajaran Algoritma dan Pemrograman Dasar

Syahputra, Fahmy (Unknown)
Sabrina, Elsa (Unknown)
Situmorang, Alvin Evraim (Unknown)
Siburian, Joy (Unknown)
Manurung, Marchell Gabriel (Unknown)
Ardiansyah, Muhammad Fadhill (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2024

Abstract

Algoritma dan pemrograman dasar adalah disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh mahasiswa ilmu komputer. Namun, metode pembelajaran tradisional sering kali membosankan bagi mahasiswa. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Salah satu contohnya adalah aplikasi kuis yang dikembangkan menggunakan Microsoft Visual Studio. Penelitian ini akan menghasilkan aplikasi kuis yang dapat membantu dosen mengajar algoritma dan pemrograman dasar dengan mudah. Aplikasi ini akan menyediakan sejumlah rancangan kuis seputar materi pengantar algoritma dan pemrograman dasar termasuk Pengertian Algoritma, flowchart, pseudocode, tipe data, percabangan dan perulangan. Aplikasi ini juga menyertakan fitur evaluasi melalui kuesioner untuk melihat pemahaman mahasiswa. Dengan aplikasi ini, diperkirakan proses pembelajaran algoritma dan pemrograman dasar akan menjadi lebih asyik dan efisien. Siswa akan belajar sambil bermain dan berlatih selama menggunakan aplikasi ini, dan akan semakin memahami konsep-konsep dasar pemrograman, sesuai untuk mempersiapkan diri menghadapi mata kuliah yang lebih sulit tingkat lanjut dan proyek pengembangan perangkat lunak yang akan datang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...