Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media flipbook berbasis kontekstual mata pelajaran IPA pada kelas V SD Negeri 89 Palembang yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian yang dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan beberapa langkah yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 89 Palembang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis kontekstual mata pelajaran ipa yang dikembangkan dinyatakan valid dengan hasil penilaian validasi ahli media dan ahli materi diproleh hasil presentase 87,94% dengan kategori “sangat valid”. Pada penilaian kepraktisan media pembelajaran flipbook diproleh dengan hasil angket respon siswa pada tahap large group, didapatkan hasil presentase 87,95% dengan kategori “sangat praktis”. Untuk mengetahui keefektifan sebuah produk media pembelajaran flipbook maka dilakukan tes kepada siswa kelas V SD Negeri 89 Palembang sebanyak 5 soal tes materi gangguan organ gerak manusia, rata-rata presentase yang diproleh yaitu 88,33% yang dikategorikan “sangat efektif”. Berdasarkan hasil validasi, hasil uji coba kepraktisan dan hasil uji tes keefektifan produk pada siswa kelas V SD Negeri 89 Palembang, maka dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Flipbook Berbasis kontekstual layak digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
Copyrights © 2024