Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Peran Pendidikan Islam dalam Menghadapi Problematika Sosial Masyarakat di Era Disrupsi

Afryansyah, Afryansyah (Unknown)
Idi, Abdullah (Unknown)
Karoma, Karoma (Unknown)
Fikri, Aiman (Unknown)
Nurbuana, Nurbuana (Unknown)
Hawa, Komariah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini membahas peran pendidikan Islam dalam mengatasi problematika sosial di era disrupsi, yang ditandai dengan perubahan besar dalam masyarakat akibat teknologi digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dampak sosial era disrupsi dan mengidentifikasi peran pendidikan Islam sebagai solusi potensial. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis teori-teori sosiologi dan pendidikan Islam terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam, khususnya melalui lembaga pesantren dan madrasah, memiliki potensi besar dalam menjaga moralitas, nilai-nilai keagamaan, dan mengatasi tantangan sosial yang dihadapi masyarakat saat ini, termasuk kejahatan siber, hoaks, dan degradasi nilai-nilai sosial. Pendidikan Islam juga berperan dalam membentuk karakter generasi muda yang kuat, beriman, dan berakhlak mulia. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya peran lembaga pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan sosial era disrupsi dan berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang beradab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...