Penelitian ini membahas peran pendidikan Islam dalam mengatasi problematika sosial di era disrupsi, yang ditandai dengan perubahan besar dalam masyarakat akibat teknologi digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dampak sosial era disrupsi dan mengidentifikasi peran pendidikan Islam sebagai solusi potensial. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis teori-teori sosiologi dan pendidikan Islam terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam, khususnya melalui lembaga pesantren dan madrasah, memiliki potensi besar dalam menjaga moralitas, nilai-nilai keagamaan, dan mengatasi tantangan sosial yang dihadapi masyarakat saat ini, termasuk kejahatan siber, hoaks, dan degradasi nilai-nilai sosial. Pendidikan Islam juga berperan dalam membentuk karakter generasi muda yang kuat, beriman, dan berakhlak mulia. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya peran lembaga pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan sosial era disrupsi dan berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang beradab.
Copyrights © 2024