Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Optimalisasi Kontak Sosial Edukatif: Mewujudkan Sekolah Ramah Anak

Rossa Ramadhona (Kantor Kemenag Kota Palembang)
Abdullah Idi (UIN Raden Fatah Palembang)
Karoma Karoma (UIN Raden Fatah Palembang)
Afryansyah Afryansyah (MAN Insan Cendekia OKI)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep kontak sosial edukatif serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat optimalisasi kontak sosial dalam mewujudkan sekolah ramah anak. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dengan mengumpulkan informasi dari buku dan artikel ilmiah terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontak sosial edukatif memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, dan mendukung perkembangan anak secara holistik. Faktor pendukung seperti keterlibatan guru, dukungan orang tua, serta lingkungan belajar yang kondusif sangat menentukan keberhasilan optimalisasi kontak sosial edukatif. Sementara itu, faktor penghambat yang diidentifikasi meliputi kurangnya pelatihan guru dalam keterampilan komunikasi dan manajemen kelas serta tekanan akademis yang tinggi. Strategi optimalisasi yang diusulkan melibatkan pelatihan guru, pengembangan kurikulum yang mendukung aspek sosial-emosional, serta peningkatan keterlibatan orang tua dan masyarakat. Dengan pendekatan yang terintegrasi, optimalisasi kontak sosial edukatif dapat berkontribusi pada pencapaian sekolah ramah anak secara efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...