Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengaruh Penggunaan Media Flash Card terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar Kelas 1

Tanzimah, Tanzimah (Unknown)
Disurya, Ramanata (Unknown)
Teresha, Dona (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian  untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card terhadap hasil belajar matematika sekolah dasar kelas 1. Metode penelitian ini adalah  metode kuantitatif eksperimen melibatkan  69 sampel kelas  1 A dan 1 E. Teknik pengumpulan data menggunakan  observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.  Hasil penelitian adalah pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata posttest  68.38 data tersebut menunjukan bahwa kelas kontrol masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal hasil belajar mata pelajaran matematika yaitu 70. Pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata posttest 80.71 data tersebut menunjukkan bahwa kelas eksperimen memenuhi kriteria ketuntasan minimal hasil belajar. Sedangkan hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data posttest kedua kelompok siswa yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki sebaran data yang berdistribusi normal dengan nilai signifikan posttest pada kelas kontrol 0,168 dan 0,200 pada kelas eksperimen. Hasil uji homogenitas diperoleh nilai sebesar 0,315 lebih besar dari 0,05 dapat dinyatakan homogen. Pada pengujian hipotesis pada uji t (independent sampel test) diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media flash card terhadap hasil belajar matematika sekolah dasar kelas 1.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...